Takut Hubungan Seks Menyakitkan Saat Pertama Kali? Ini Solusinya!

Takut Hubungan Seks Menyakitkan Saat Pertama Kali? Ini Solusinya!

511
SHARE
Mitos & Fakta Seputar HIV/AIDS | AsmaraMu

Ketika berhubungan intim terasa menyakitkan, apa yang harus Anda lakukan? Berdasarkan penelitian terkini yang dilakukan oleh Redbook Magazine, sampai dengan 80% wanita merasakan penetrasi yang menyakitkan pada satu titik dalam hidup mereka, terutama setelah melahirkan. Bagaimana para wanita mengatasi masalah seks menyakitkan ini ? Apa pilihan – pilihan dari Anda?

Apa yang Menyebabkan Hubungan Seks yang Menyakitkan

Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks:

  • Pelumas / lubricant tidak cukup

Dalam kasus ini, rasa sakit dapat diatasi dengan menggunakan rasa sakit atau dengan mengubah scenario seks di kamar tidur Anda—lebih banyak ciuman dan foreplay untuk menstimulasi cukupnya pelumas pada area genital sebelum berhubungan seks.

  • Infeksi pada vagina

Sesekali, infeksi pada vagina dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit saat berhuungan seks. Infeksi jamur dan bacterial vaginosis adalah infeksi yang dapat ditangani dengan mudah untuk pengalaman seksual yang lebih baik. Selain itu, bisa jadi rasa sakit timbul karena fibroid, endometropsis, pembengkakan pada pelvis, dan hubungan seks yang terlalu segera setelah persalinan adalah penyebabnya.

  • Masalah dalam hubungan

Adanya permasalahan dalam hubungan asmara dapat menjadi penyebab mengapa hubungan seks menjadi menyakitkan. Jika hal-hal tidak berjalan lancar, masalah tersebut dapat memicu rasa gugup dan takut saat berhubungan seks, sehingga menyebabkan otot-otot pada vagina menegang. Karena itulah hubungan seks menjadi tidak terasa nyaman, bahkan menyakitkan.

Agar hubungan seks menjadi nyaman, Anda harus rileks. Jika Anda perlu bantuan untuk kelangsungan hubungan Anda dengan pasangan, pertimbangkan opsi untuk membahas mengenai masalah di luar kamar tidur untuk mencari cara agar solusi dapat dicapai atau temui terapis seks dan pernikahan untuk saran dari ahli.

Bagaimana Hubungan Seks yang Terasa Sakit Diatasi

Cara untuk mengatasi hubungan seks yang terasa menyakitkan adalah berikut:

  • Gunakan pelumas / lubricant

Cara ini adalah solusi termudah. Gunakan beberapa tetes pelumas untuk Anda dan minta pasangan untuk menggosokkan pelumas juga.

  • Gunakan pelumas /lubricant secara teratur

Anda juga bisa gunakan pelumas untuk memijat area masuk vagina Anda secara teratur setiap hari selama beberapa minggu. Hal ini dilakukan untuk menenagkan area tersebut. Bahan-bahan yang dapat menenagkan seperti lidocaine dapat digunakan saat berhubungan seks untuk menghilangkan rasa tidak nyaman. Jangan lupa minta pasangan Anda untuk menggunakan kondom agar ia tidak ikut-ikutan merasa kaku.

  • Gunakan dilator

Dilator adalah alat untuk membantu “membuka” vagina Anda. Kami sarankan untuk membeli satu set yang terdiri atas 3 jenis dilator: kecil, medium, dan besar. Ukuran besar biasanya seukuran penis pria. Mulai dengan dilator terkecil, aplikasikan pelumas dan gunakan pada Anda untuk penetrasi setidaknya setiap hari sampai Anda bisa memasukkannya dengan nyaman. Saat dilator tersebut terasa nyaman digunakan, Anda sudah siap untuk ukuran selanjutnya.

  • Menemui terapis

Membuat janji temu dengan terapis dapat membantu Anda melalui masalah-masalah seperti rasa bersalah, trauma, atau perasaan malu yang juga bisa membantu menyelesaikan masalah hubungan badan yang terasa menyakitkan.

  • Menemui dokter

Terkadang, keringnya area vagina setelah atau selama menopause dapat menyebabkan timbulnya rasa sakit saat berhubungan seks. Temui dokter Anda untuk mendapatkan resep yang dapat mengatasi kekeringan di area vagina.

Hubungan seks yang menyakitkan merupakan sebuah masalah yang memengaruhi banyak wanita, namun ada solusi, pereda, dan bantuan yang tersedia. Temui dokter atau terapis seks untuk meminta bantuan, tip, dan trik agar Anda dapat memperoleh kembali perasaan menyenangkan dari hubungan seks.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY