Encok

Encok

Encok adalah penyakit sejenis arthritis yang dapat menyebabkan rasa nyeri seperti terbakar, kekakuan, dan bahkan menyebabkan pembengkakan pada sendi yang biasanya terjadi di jempol kaki. Serangan ini bisa terjadi berulang kecuali penyakitnya sudah diobati. Seiring dengan waktu, penyakit dapat membahayakan sendi, tendon, dan jaringan lainnya. Pada umumnya, penyakit Encok terjadi pada pria.

Penyakit encok umumnya disebabkan oleh asam urat yang terlalu banyak dalam darah. Namun, pada dasarnya memiliki terlalu banyak asam urat di dalam darah memang tidak berbahaya. Ada banyak orang dengan kadar asam tinggi di dalam darah mereka, namun mereka tidak pernah mendapatkan encok. Tapi ketika kadar asam urat dalam darah Anda sudah terlalu tinggi, asam urat dapat mengkristal dan mengeras dalam sendi.

Tahap Encok

Ada tiga tahap encok. Namun, banyak orang tidak pernah mengalami tahap ketiga.

Tahap Pertama: Anda memiliki kadar asam urat yang tinggi dalam darah Anda. Namun, saat ini tidak ada gejala yang terjadi. Kadar asam urat mungkin tetap sama, dan Anda mungkin tidak pernah memiliki gejala. Beberapa orang bisa mempunyai batu ginjal bahkan sebelum mereka memiliki mendapatkan encok pertama mereka.

Tahap Kedua: kristal asam urat mulai terbentuk, biasanya di jempol kaki. Anda mulai merasakan serangan encok. Setelah serangan terjadi, sendi yang terkena akan terasa normal. Waktu antara serangan bisa lebih pendek. Serangan encok Anda kemudian bisa lebih parah, berlangsung lebih lama, dan bahkan melibatkan lebih dari satu sendi.

Tahap ketiga: gejala mungkin tidak pernah pergi. Mereka dapat mempengaruhi lebih dari satu sendi. Nodul berpasir disebut tophi dapat terbentuk di bawah Anda kulit. Tanpa pengobatan, tophi dapat terbentuk di tulang rawan dari telinga eksternal atau jaringan di sekitar sendi (bursae, ligamen, dan tendon). Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit, bengkak, kemerahan, dan kehangatan (peradangan). Kelumpuhan yang bersifat progresif dan hancurnya tulang rawan mungkin terjadi pada masa ini. Tahap encok ini sangat jarang karena sudah banyaknya kemajuan dalam pengobatan awal encok.