Bronkitis

Bronkitis

Bronkitis adalah penyakit gangguan pernapasan dimana selaput lendir di saluran bronkial paru-paru meradang. Penyakit ini juga dikenal dengan infeksi saluran utama di paru-paru. Pada umumnya, penderita bronkitis akan mengalami batuk berdahak yang parah disertai dengan sesak napas.

Jenis Bronkitis

Ada dua jenis penyakit bronkitis, yakni bronkitis akut dan kronis. Berikut adalah perbedaan dari dua jenis penyakit bronkitis:

  • Bronkitis Akut umumnya terjadi selama 1-3 minggu. Bronkitis akut menyebabkan penderitanya mengalami batuk berdahak disertai dengan infeksi saluran pernapasan atas. Dalam kebanyakan kasus, bronkitis akut disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.
  • Bronkitis Kronis umumnya terjadi selama 3 bulan dalam setahun atau dua tahun berturut-turut. Ini merupakan penyakit jangka panjang yang serius. Penderita bronkitis kronis memerlukan perawatan medis secara teratur.

Gejala Bronkitis

Untuk mengenali penyakit bronkitis, berikut adalah gejala yang ditimbulkan dari penyakit ini:

  • Batuk berdahak disertai dengan lendir kekuning abu-abuan atau bahkan berwarna hijau
  • Sakit tenggorokan
  • Pilek dan hidung tersumbat
  • Sesak napas
  • Rasa sakit dan tidak nyaman di sekitar dada
  • Mudah merasa lelah

Penyebab Bronkitis

Bronkitis akut umumnya disebabkan karena infeksi paru-paru. Apabila seseorang mengalami bronkitis akut terus menerus, tidak menutup kemungkinan saluran udara di bronkus akan menjadi terinfeksi dan penyakitnya akan berkembang menjadi bronkitis kronis.

Polusi udara adalah salah satu faktor penyebab bronkitis. Penderita bronkitis umumnya berasal dari pekerja di pertambangan batu bara, logam, dan tempat-tempat lain yang terpapar oleh debu dan asap. Selain itu, merokok dalam jangka panjang juga dapat menyebabkan bronkitis. Saluran bronkial akan teriritasi dan memproduksi lendir secara berlebihan.

Pengobatan Bronkitis

Perokok aktif akan membutuhkan waktu pengobatan bronkitis yang lebih lama untuk dapat pulih. Pasalnya, rokok dapat mengakibatkan kerusakan pada struktur kecil di paru-paru yang dikenal dengan nama silia. Silia bertanggung jawab untuk membersihkan kotoran yang menyebabkan iritasi serta lendir yang berlebih. Apabila perokok aktif yang menderita bronkitis tidak bisa meninggalkan kebiasaan merokoknya, maka penyakitnya akan berkembang menjadi bronkitis kronis.

Bronkitis akut adalah penyakit yang cukup umum. Gangguan pernapasan ini dapat sembuh tanpa perlu penanganan medis. Namun, bila Anda mengalami gejala yang parah, seperti demam tinggi dan batuk berdarah, maka Anda harus segera memperoleh penanganan medis yang tepat.

Disamping itu, bila Anda mengalami kesulitan bernapas disertai nyeri di bagian dada secara berkepanjangan, maka Anda harus segera berobat ke dokter spesialis paru-paru atau rumah sakit.

Bronkitis kronis dapat meningkatkan risiko penyakit jantung atau penyakit paru-paru yang lebih serius. Oleh karena itu, pengobatan bronkitis harus dengan penanganan secara berkala dari dokter. Dokter juga wajib memantau kondisi dari penderita bronkitis kronis.