Binge

Binge

Penyakit Binge atau Pesta Makan berarti kondisi dimana seseorang memakan sejumlah besar makanan yang lebih dari dibutuhkan. Seseorang yang menderita gangguan binge biasanya berlangsung selama semingg hingga 3 bulan. Terkadang dalam beberapa kasus akan sangat sulit untuk sembuh. Hal ini biasanya diikuti dengan rasa malu, bersalah, atau perasaan sedih lainnya.

Orang dengan gangguan ini sering makan besar, bahkan ketika mereka tidak lapar. Mereka mungkin memilih untuk melakukannya secara pribadi dan terus makan meskipun perut sakit.

Tidak seperti gangguan makan lainnya seperti bulimia atau anoreksia nervosa, orang yang menderita binge malas berolahraga. Hal ini dapat menyebabkan risiko obesitas, diabetes dan penyakit jantung.

Menjadi terobsesi dengan makanan melalui cara ini juga dapat memperparah stres, merusak organ tubuh, dan degredasi mental.

Gejala Binge

Karena orang-orang yang menderita binge cenderung menyembunyikannya, beberapa orang tua kesulitan  menyadari hal tersebut. Namun, anda bisa melakukannya dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Sejumlah besar makanan cepat sekali lenyap. Apakah seluruh kotak kue atau biskuit anda sering hilang entah kemana?
  • Banuak bungkus makanan di tong sampah. Apakah Anda menemukan bungkus kosong atau kotak kosong makanan di tong sampah?
  • Persediaan makanan menumpuk di tempat-tempat yang aneh. Pernahkah Anda melihat persediaan makanan di laci meja, ransel, garasi, atau tempat-tempat aneh di sekitar rumah?
  • Suka makan malam dalam jumlah besar sendirian. Apakah Anda tampaknya menunggu untuk makan dalam jumlah besar saat sendirian?
  • Berat badan tak menentu. Apakah berat badan sering bertambah atau kehilangan berat badan? Atau berat badan menjadi bertambah secara tiba-tiba? Penderita binge cenderung sering menimbang berat badan, tapi berat badan selalu tidak stabil.
  • Apakah Anda sering diet, tetapi berat badannya sama sekali tidak menurun? Apakah ada penolakan jenis makanan tertentu?
  • Masalah mental. Apakah Anda merasa depresi atau cemas?  Makanan dapat menjadi cara mengatasi stres yang dialami. Seseorang dapat makan untuk merasa nyaman, untuk melarikan diri atau menghindari masalah yang berkaitan dengan mental, dan masalah lainnya.

Pengobatan Binge

Tidak ada pengobatan tunggal yang cocok untuk gangguan binge  Anda harus mengatur pola makan yang tepat.

Tidak ada obat yang paling ampuh untuk masalah ini. Namun ada sejumlah obat yang bisa digunakan untuk mengatasinya, seperti obat antidepresan. Harap konsultasi terlebih dahulu ke dokter mengenai pengobatan yang terbaik untuk kondisi ini. Selain itu, olahraga juga salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini.

Berikut adalah hal-hal yang harus dilakukan apabila Anda merasa memiliki penyakit binge:

  • Penyebab gangguan makan sebenarnya masih tidak jelas. Kemungkinan ada lebih dari satu penyebab, mulai dari gen, kondisi tubuh, diet, dan kesehatan emosional merupakan faktor yang berperan besar dalam hal ini.
  • Jangan menghakimi atau menyalahkan. Coba bertanya dengan lembut seperti: “Saya sepertinya memakan banyak cokelat tadi malam.” Jangan berkata: “Tubuhmu itu bermasalah, jangan makan cokelat terlalu banyak!”
  • Lakukan olahraga dengan rutin
  • Langsung konsultasi dengan dokter Anda.