Anoreksia Nervosa

Anoreksia Nervosa

Anoreksia Nervosa merupakan gangguan selera makan dimana penderitanya memiliki ketakutan yang intens akan kenaikan berat badan. Penyakit ini dapat menjadi berbahaya bila dibiarkan begitu saja. Gejala anoreksia dapat berupa penurunan berat badan hingga dibawah normal, tubuh tampak kurus dan rapuh, serta obsesi berlebihan untuk menjauhi makanan.

Penyebab Anoreksia Nervosa

Penyebab anoreksia tidak sepenuhnya dapat dipahami. Pasalnya, penyakit ini biasanya disebabkan karena faktor emosi dan lingkungan sosial. Namun, faktor berikut ini dapat menjadi pemicu penyakit anoreksia:

  • Diet ekstrim bisa mengubah sistem kerja otak dan metabolisme. Kebiasaan diet ekstrim ini bisa menyebabkan gangguan pada selera makan.
  • Genetika berperan besar pada penyakit anoreksia dan bulimia. Penyakit ini bisa disebabkan karena riwayat keluarga yang pernah mengalami gangguan makan serupa dan obesitas.
  • Lingkungan sosial dari penderita Anoreksia berkontribusi pada timbulnya penyakit ini. Pasalnya, tekanan dari lingkungan sekitar bisa menyebabkan penderita merasa kurang percaya diri dan menginginkan bentuk tubuh yang sempurna.
  • Stres di usia remaja juga dapat menyebabkan timbulnya penyakit anoreksia. Misalnya, stres yang dikarenakan perceraian orang tua atau kematian orang yang dicintai si penderita.