7 Manfaat Seks untuk Kesehatan

7 Manfaat Seks untuk Kesehatan

471
SHARE

Tahukah Anda, seks tidak hanya sekadar sarana untuk memuaskan nafsu belaka. Pasalnya, seks juga menyimpan beberapa manfaat untuk kesehatan. Mungkin Anda tidak pernah menduga sebelumnya jika aktivitas senggama dengan pasangan mampu membawa dampak positif bagi kesehatan. Nah, ingin tahu lebih lanjut? Yuk, simak 7 manfaat seks untuk kesehatan berikut ini!

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Percaya atau tidak, orang yang melakukan hubungan seks dengan frekuensi yang intensif, maka tubuhnya menjadi lebih kebal terhadap virus, kuman, dan bakteri penyebab penyakit. Sebuah penelitian yang dilakukan di Wilkes University di Pennsylvania menemukan bahwa orang yang melakukan hubungan seks 1-2 kali seminggu memiliki tingkat antibodi tertentu yang lebih tinggi dibanding dengan orang yang lebih jarang melakukan aktivitas seks.

Mengontrol Kesehatan Kandung Kemih Wanita

Dasar panggul yang kuat sangat penting bagi wanita untuk terhindar dari inkontinensia, yaitu ketidakmampuan untuk menahan air kencing sehingga mempengaruhi kehidupan mereka. Seks yang baik merupakan sebuah “latihan” untuk memperkuat otot dasar panggul Anda. Pasalnya, ketika wanita mengalami orgasme, maka otot-otot akan mengalami kontraksi dan memperkuatnya secara tidak langsung.

Menurunkan Tekanan Darah

Penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi antara hubungan seks dengan tekanan darah manusia. Salah satu studi menemukan bahwa hubungan seks (bukan masturbasi) secara khusus menurunkan tekanan darah sistolik. Jadi, bila Anda memiliki permasalahan hipertensi, tak ada salahnya untuk mencoba bersenggama secara teratur dengan pasangan Anda.

Menurunkan Risiko Serangan Jantung

Kehidupan seks yang baik akan berdampak baik juga untuk jantung Anda. Selain menjadi cara yang tepat untuk meningkatkan denyut jantung, seks juga berperan untuk membantu menjaga kadar estrogen dan testosteron agar tetap seimbang. Apabila salah satu hormon ini lebih rendah dari rata-rata normal, maka risiko osteoporosis dan penyakit jantung akan semakin meningkat.

Mengurangi Rasa Sakit

Sebelum mengonsumsi aspirin yang mengandung paracetamol atau ibuprofen untuk penghilang sakit, cobalah untuk mendapatkan orgasme terlebih dulu. Menurut Barry R. Komisaruk, PhD, seorang profesor di State University of New Jersey, orgasme dapat meredakan rasa sakit secara alami. Saat orgasme, maka hormon untuk mengurangi rasa sakit akan dilepas.

Mengurangi Sel Kanker Prostat

Kemungkinan besar, bersenggama dapat membantu mengurangi sel kanker prostat. Menurut penelitian dari sebuah studi dalam Journal of American Medical Association, pria yang ejakulasi lebih dari 21 kali dalam sebulan, memiliki risiko yang sangat kecil untuk terkena kanker prostat. Anda tidak perlu pasangan untuk melakukan ini, karena masturbasi juga memiliki dampak yang sama untuk mengurangi sel kanker prostat. Namun, ini bukanlah cara satu-satunya untuk mengurangi risiko kanker, tetapi lebih banyak melakukan seks tidak akan menyakiti siapapun, bukan?

Mengurangi Stres

Stres adalah suatu permasalahan yang kerap kali dialami oleh sebagian besar orang. Stres juga bisa meningkatkan berbagai risiko penyakit. Hubungan intim dengan pasangan dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Sheenie Ambardar, MD, seorang psikiater di West Hollywood, California, mengatakan bahwa dengan menyentuh atau memeluk bisa melepaskan hormon alami dalam tubuh yang membuat Anda merasa lebih baik. Di samping itu, gairah seksual juga melepaskan zat kimia otak yang meningkatkan kesenangan dan ketenangan. Ambardar juga menjelaskan bahwa hubungan intim dengan pasangan akan meningkatkan harga diri dan kebahagiaan Anda. Bukankah hati yang gembira adalah obat untuk segala penyakit?

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY